Suprijanto@ Kesatuan Bangsa
Berbagi pengalaman untuk memupuk persatuan dan kesatuan bangsa

Pilar Utama Kebangsaan Indonesia

  • Empat pilar utama kebangsaan sebagaimana bapak pendiri bangsa (the founding fathers) letakkan sebagai landasan kehidupan berbangsa dan bernegara, yaitu Pancasila; Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945; Bhinneka Tunggal Ika; dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pancasila adalah pilar, dasar negara, pandangan hidup sekaligus ideologi bangsa Indonesia. Sebagai dasar negara, Pancasila telah menjadi pondasi tegaknya negara, yang diakui oleh seluruh negara di dunia. Pancasila sebagai falsafah atau pandangan hidup, merupakan prinsip dan nilai-nilai yang menjadi karakteristik masyarakat kita. Kemudian, Pancasila sebagai ideologi merupakan arah dan tujuan dari pembangunan nasional kita, …khususnya sebagaimana yang termaktub di dalam pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945.

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, yakni konstitusi negara yang menjadi acuan kita di dalam melaksanakan program-program pembangunan kita, yang menjadi dasar bagi seluruh sistem nasional kita, termasuk sistem pemerintahan, sistem politik, sistem ekonomi, sistem ketatanegaraan dan berbagai sistem lainnya. Artinya pembangunan nasional kita akan sangat ditentukan oleh efektifitasnya sistem-sistem yang ada.

Bhinneka Tunggal Ika. Ini adalah semboyan sekaligus prinsip negara, yang menegaskan aspek keragaman bangsa dalam satu kesatuan bangsa. Kita tidak boleh memaknai Bhinneka Tunggal Ika sebatas semboyan belaka, melainkan mengamalkannya dalam cara pandang kita akan keberagaman budaya, etnik, suku maupun agama. Hanya dengan prinsip Bhinneka Tunggal Ika itulah kita dapat menghindar dari berbagai upaya sistematik memecah belah bangsa.

Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI, sebuah konsep akan keberadaan negara bangsa dalam konteks kewilayahan. Kedaulatan kita harus senantiasa dijaga dan dipertahankan melalui Sistem Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta.

Belum Ada Tanggapan to “Pilar Utama Kebangsaan Indonesia”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: