Suprijanto@ Kesatuan Bangsa
Berbagi pengalaman untuk memupuk persatuan dan kesatuan bangsa

Pembauran Kebangsaan

1. Pengertian Pembauran Kebangsaan.

  • Sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 34 Tahun 2006  tentang  Pedoman Penyelenggaraan Pembauran Kebangsaan di Daerah, pasal 1 ayat 1 disebutkan bahwa Pembauran Kebangsaan adalah proses pelaksanaan kegiatan integrasi anggota masyarakat dari berbagai ras, suku, etnis, melalui interaksi sosial dalam bidang bahasa, adat istiadat, seni budaya, pendidikan dan perekonomian untuk mewujudkan kebangsaan Indonesia tanpa harus menghilangkan identitas ras, suku dan etnis masing-masing dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.  Pembauran kebangsaan merupakan bagian dari proses pembudayaan bangsa yang harus dipacu kearah yang positip dan harus dijiwai dengan sikap mawas diri, tenggang rasa, kerukunan serta memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap kebersamam dan kesetiakawanan dalam upaya memajukan dan menyejahterakan kehidupan masyarakat, bangsa dan negara.

2. Pembinaan Pembauran Kebangsaan.

Penyelenggaraan pembauran kebangsaan di provinsi menjadi tanggung jawab dan dilaksanakan oleh masyarakat, difasilitasi dan dibina oleh pemerintah provinsi. Fasilitasi dan pembinan tersebut menjadi tugas dan tanggung jawab Gubernur yaitu :

  1. Membina dan memelihara ketenteraman dan ketertiban masyarakat terhadap kemungkinan timbulnya ancaman keutuhan bangsa di daerah.
  2. Menumbuhkembangkan keharmonisan, saling pengertian, saling menghormati dan saling percaya diantara anggota masyarakat dari berbagai ras, suku, dan etnis.
  3. Mengkoordinasikan Bupati/Walikota dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah di bidang pembauran kebangsaan.
  4. Mengkoordinasikan fungsi dan kegiatan instansi vertikal di provinsi dalam pembauran kebangsaan.

3. Forum Pembauran Kebangsaan (FPK).

  • Pembinaan pembauran kebangsaan merupakan upaya yang dilakukan oleh pemerintah bersama masyarakat untuk terciptanya iklim yang kondusif yang memungkinkan adanya perubahan sikap agar menerima kemajemukan masyarakat dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Agar pembauran kebangsaan dapat tumbuh dan berkembang dilingkungan masyarakat maka perlu dibentuk suatu wadah informasi, komunikasi,  konsultasi, dan kerjasama antar warga masyarakat, dari provinsi sampai ke tingkat desa atau kelurahan. Wadah tersebut disebut Forum Komunikasi Pembauran Kebangsaan yang disingkat FPK.
  • Sosialisasi pembauran kebangsaan sebagai upaya memasyarakatkan program pembauran kebangsaan agar dapat dipahami dan dihayati oleh masyarakat secara luas, dilaksanakan melalui FPK tersebut sesuai dengan tingkatannya.
  • Sedangkan tugas FPK adalah :
  1. Menjaring aspirasi masyarakat dibidang pembauran kebangsan.
  2. Menyelenggarakan fórum dialog dengan pimpinan organisasi pembauran kebangsaan, pemuka adat, suku dan masyarakat.
  3. Menyelenggarakan sosialisasi kebijakan yang berkaitan dengan pembauran kebangsaan.
  4. Merumuskan rekomendasi kepada pimpinan wilayah sebagai vahan pertimbangan dalam penyusunan kebijakan pembauran kebangsaan.

4. Keanggotaan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK)

  • Keanggotaan FPK terdiri atas pimpinan organisasi kebangsaan, pemuka adat, suku, etnis dan masyarakat setempat. Sedangkan jumlahnya disesuaikan dengan jumlah suku, etnis dan pemuka masyarakat setempat.
  • Forum Pembauran Kebangsaan dipimpin oleh seorang Ketua dan Wakil Ketua serta Sekretaris.
  • Dalam rangka membina Forum Pembauran Kebangsaan, maka dibentuk Dewan Pembina FPK, baik ditingkat Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan maupun di tingkat Desa/Kelurahan, dengan tugas membantu kepala wilayah dalam merumuskan kebijakan pembauran kebangsaan dan memfasilitasi hubungan kerja FPK dengan pemerintah sesuai dengan tingkatannya dan hubungan antara instansi terkait diwilayah dalam penyelenggaraan pembauran kebangsaan.
  • Keanggotaan Dewan Pembina FPK di provinsi ditetapkan oleh Gubernur dengan susunan keanggotaan :

Ketua          : Wakil Gubernur
Sekretaris : Kepala Badan Kesbang dan Linmasda
Anggota    : Pimpinan instansi terkait.

Sumber : Permendagri No.34 Tahun 2006

Belum Ada Tanggapan to “Pembauran Kebangsaan”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: