Suprijanto@ Kesatuan Bangsa
Berbagi pengalaman untuk memupuk persatuan dan kesatuan bangsa

Kesadaran Bela Negara

  • Sejak merdeka negara Indonesia tidak luput dari gejolak dan ancaman yang membahayakan kelangsungan hidup bangsa. Tetapi bangsa Indonesia mampu mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatannya dari agresi Belanda dan mampu menegakkan wibawa pemerintahan dari gerakan separatis.
  • Ditinjau dari geopolitik dan geostrategi dengan posisi geografis, sumber daya alam dan jumlah serta kemampuan penduduk telah menempatkan Indonesia menjadi ajang persaingan kepentingan dan perebutan pengaruh antar negara besar. Hal ini secara langsung maupun tidak langsung memberikan dampak negatif terhadap segenap aspek kehidupan sehingga dapat mempengaruhi dan membahayakan kelangsungan hidup dan eksitensi NKRI. Untuk itu bangsa Indonesia harus memiliki keuletan dan ketangguhan yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional sehingga berhasil mengatasi setiap bentuk tantangan ancaman hambatan dan gangguan dari manapun datangnya.
  1. Upaya peningkatan kesadaran bela negara yang berwawasan kebangsaan, tidak bisa dilepaskan dari proses terbentuknya bangsa Indonesia yang lebih sejahtera, bermartabat dan merdeka. Melalui pencapaian tujuan nasional (misi), dilakukan fungsi pemerintah negara, yakni : ……..”melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial”.
  2. Sebagaimana negara-bangsa merdeka dan berdaulat yang dibangun di atas kebijakan wawasan kebangsaan, dalam mempertahankan kelangsungannya, senantiasa di dalamnya mengandung prinsip-prinsip dan keniscayaan untuk diwujudkan dalam upaya bela negara. NKRI dalam rangka mempertahankan kelangsungan kehidupan nasional dan pembangunan nasional dalam memperkokoh ketahanan nasional guna mencapai tujuan nasionalnya, upaya bela negara senantiasa harus ditumbuh kembangkan sedini mungkin sesuai dengan wawasan kebangsaan/nasional yang mengacu pada Pancasila dan UUD 1945.
  3. Pada kenyataannya, pemahaman dan kesadaran bela negara bagi masyarakat luas dan setiap warga negara pada saat ini terkondisikan masih belum optimal. Disinyalir, masyarakat bangsa mengalami terjadinya erosi kualitas kehidupan berbangsa dan ber NKRI yang kondusif. Hal ini pada gilirannya akan dapat mengancam eksistensi kehidupannya. Pada prinsipnya bela Negara merupakan segala bentuk upaya setiap warga negara dalam rangka mempertahankan kelangsungan kehidupan berbangsa dan ber-NKRI terhadap berbagai ancaman baik dari dalam maupun dari luar negeri. Berbicara mengenai konsepsi dan hakekat upaya pembelaan negara/bela negara dapat dijabarkan sebagai berikut : Konsep/pengertian Upaya Pembelaan Negara/Bela Negara adalah pola sikap perilaku warga negara yang dijiwai kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.
  4. Upaya pembelaan negara/bela negara, yang mengacu pada Pancasila, UUD 1945, dan Wawasan Kebangsaan selain sebagai kewajiban dasar manusia, juga merupakan kehormatanbagi setiap warga negara yang dilaksanakan dengan penuh kesadaran tanggung jawab, rela berkorban dalam pengabdian kepada negara demi cita-cita bangsa.
  5. Spektrum (daya jangkau) bela negara sangat luas, dimulai dari yang paling halus, yaitu hubungan yang baik antar sesama warga di lingkungan sekitarnya, sampai dengan yang paling keras, yaitu baik dalam wujud pola perilaku bekerja keras, dan berbuat yang terbaik bagi masyarakat, bangsa, dan negara sesuai dengan profesi masing-masing, serta menjaga harkat dan martabat bangsa, maupun dalam aspek pertahanan dan keamanan menangkal ancaman nyata musuh bersenjata.

Belum Ada Tanggapan to “Kesadaran Bela Negara”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: