Suprijanto@ Kesatuan Bangsa
Berbagi pengalaman untuk memupuk persatuan dan kesatuan bangsa

Pemuda Membangun Bangsa

  • Pemuda Indonesia adalah warga negara yang sangat potensial untuk membangun bangsa dan negaranya. Oleh sebab itu, sesuai amanat Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, bahwa pemuda adalah bagian dari warga negara Indonesia, sehingga harus dilindungi, disejahterakan, dan dicerdaskan agar memiliki kemampuan untuk mengeksplor diri dalam mengisi dan melanjutkan pembangunan nasional.
  • Tidak bisa dipungkiri, karena tinta sejarah telah mencatat peran dan fungsi penting pemuda di negeri ini.
  • Dimulai dari pergerakan Budi Utomo pada tahun 1908, dilanjutkan dengan ikrar seluruh pemuda Indonesia yang terkenal dengan Sumpah Pemuda pada tahun 1928, dimana para pemuda sadar sesadar-sadarnya, harus segera terbebas dari belenggu penjajahan. Puncaknya pada 17 Agustus 1945 seluruh anak bangsa yang dipelopori oleh pemuda, memproklamasikan kemerdekaannya.
  • Bagaimana kiprah pemuda selanjutnya dalam mengisi kemerdekaan tersebut?
  • Dinding sejarah juga mencatatnya dalam sejarah kebangsaan Indonesia, yaitu munculnya pergerakan pemuda, pelajar dan mahasiswa hingga tahun 1966, adalah suatu pertanda bahwa pemuda memiliki peran yang sangat strategis dalam pembangunan nasional Indonesia ini.
  • Bahkan pergerakan mahasiswa di tahun 1998 benar-benar dapat dirasakan bahwa kehidupan berbangsa dan bernegara di bumi Indonesia ini perlu direformasi. Disini peran aktif dan strategis pemuda sebagai garda paling depan dalam mengawal proses perjuangan, pembaharuan, pembauran dan pembangunan bangsa telah teruji.
  • Peran strategis pemuda diatas diwujudkan dalam bentuk kekuatan moral, kontrol sosial yang sekaligus sebagai agen pembaharuan dalam pembangunan nasional.
  • Dengan dikeluarkannya Undang-Undang Nomor 40 tahun 2009 tentang Kepemudaan, kedudukan pemuda dalam kerangka hukum nasional kita semakin kuat. Dalam penjelasannya menyebutkan “… Pembangunan kepemudaan berorientasi pada pelayanan kepemudaan untuk mewujudkan pemuda Indonesia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki akhlak yang mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab dan berdaya saing…”
  • Pelayanan kepemudaan dimaksudkan adalah berfungsi menyadarkan, memberdayakan, dan mengembangkan potensi pemuda dalam bidang kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan.
  • Sambil menunggu peraturan pelaksanaannya, wahai pemuda Indonesia, jangan berhenti membangun diri, membangun bangsa dan negara tercinta Indonesia.

Belum Ada Tanggapan to “Pemuda Membangun Bangsa”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: